Cara Mengatasi USB Not Recognize

Salah satu masalah yang bikin kesal saat bekerja dengan komputer dan USB adalah komputer tidak mengenali atau tidak dapat membaca USB. Ini membuat panik jika ternyata perangkat USB berisi banyak file yang penting atau tontonan favorit. Untuk itu pemakai  komputer sebaiknya tahu cara mengatasi USB Not Recognize yang bisa dilakukannya. Ada beberapa cara yang bisa dikerjakan para pemakai Windows 7, 8 dan 10. nah pada postingan ini tim HARAU.ID sudah merangkum tipsnya untuk kamu dengan trik mudah yang bisa langsung kamu kerjakan saat ini juga, berikut rangkumannya :

Tips Cara Mengatasi USB Not Recognize Agar Kembali Terdeteksi

untuk kalian yang sedang mengalami trouble karena USB Flashdisknya tidak terbaca atau bahkan terdeteksi virus, jangan dulu langsung memformat Flashdisk kamu. coba dulu tips tips yang kita sajikan berikut ini dengan cara yang cukup simple dan tak membutuhkan tambahan aplikasi lain. berikut tips cara mengatasi USB Not Recognize yang bisa kamu coba praktekan.

1. Mencabut lalu Memasang Lagi Perangkat USB

Salah satu cara mengatasi USB Not Recognize yang paling gampang untuk dilakukan ialah mencabut USB kemudian mencoba memasang lagi perangkat USB di perangkat. Untuk mencabut USB, tunggu setelah ada pemberitahuan bahwa USB tak dikenali pada taskbar. Setelah itu cabut USB. Beri jeda beberapa waktu sebelum mencoba memasangnya kembali. Seringkali cara ini berhasil.

2. Menyambungkan Perangkat USB pada Port Lain

Disinyalir penyebab USB not recognized ialah keadaan port USB yang telah mengalami perubahan misalnya menjadi longgar. Untuk itu, guna memastikan bahwa kerusakan sudah terjadi di port USB pada komputer, maka pengguna bisa mulai menghubungkan USB miliknya pada port lain di komputer itu (yang biasanya ada dua) atau mungkin port di komputer lain.

 3. Menghapus Unduhan Driver Perangkat USB

Komputer  tanpa disadari pemakainya biasanya mengunduh driver untuk perangkat mouse, papan ketik dan seluruh device eksternal yang terhubung secara otomatis dengan komputer itu. Hal ini juga terjadi di perangkat USB termasuk flash disk dan hard disk eksternal. Ada kalanya proses pengunduhan driver tidak berlangsung sempurna dan bisa jadi penyebab masalah USB tidak dikenali ini.

Untuk itu cara mengatasi USB Not Recognize yang dapat dikerjakan ialah menghapus unduhan driver untuk perangkat USB. Untuk menghapusnya pemakai bisa mencari dan membuka ‘Device Manager’, pada menu ‘Disk Drive’ pilih perangkat USB dengan klik ikon menu collapse diikuti klik di perangkat USB komputer. Berikutnya hapus driver yang telah terinstal dengan klik kanan dan ikuti perintah yang muncul sampai selesai dan hubungkan USB kembali.

4. Mengupdate Windows

Alternatif lain untuk mengatasi USB device tidak dikenali pada Windows 7, 8 dan 10 adalah memperbarui operating system pada komputer. Ini cara yang berpengaruh besar tapi sering dilupakan. Cara ini akan menghilangkan bug yang menyebabkan suatu permasalahan terjadi.

Cara mudah update windows, buka Pengaturan > Update & Keamanan > Cek untuk update. Pastikan koneksi internet bagus guna melakukan proses ini.

5. Mematikan Power Management dari USB Root Hub

Jika pemakai yakin permasalahan tak terjadi di perangkat USB, cara mengatasi USB Not Recognize bisa dilakukan dengan mematikan setting Power Management dari USB Root Hub. Ini metode yang berguna mencegah drive eksternal USB mematikan daya sehingga memicu masalah ini. Buka saja program ‘Device Manager’ pilih ‘USB Root Hub’ dan tap ikon collapse pada menu ‘Pengontrol Universal Serial’ lalu pilih lagi USB Root Hub‘.

Pilih properties diikuti klik pada ‘Power Management’ lalu hapus tanda ceklis di bagian ‘Memperbolehkan komputer untuk mematikan peralatan untuk menghemat energi’ sesudah itu klik ‘OK’.

6. Merestart Komputer

Di Samping mencabut USB, cara ini adalah yang termudah untuk dikerjakan oleh pemakai awam, namun tidak jarang cara ini berhasil mengatasi problem yang terjadi. Matikan komputer untuk beberapa waktu, kemudian nyalakan lagi. Cobalah menghubungkan lagi perangkat USB yang berisi data-data penting itu.

Akhir Kata

Demikianlah tadi enam pembahasan bagiamana Cara Mengatasi USB Not Recognize dari yang sederhana sampai sedikit rumit yang bisa dicoba untuk mengatasi problem yang ada. Cobalah dulu cara yang gampang seperti mencabut USB dan memasangnya kembali. Jika belum berhasil juga bisa dicoba cara-cara yang lain.

Jangan lupa untuk kunjungi terus HARAU.ID untuk info terbaru seputar tekno dan gadget. Selamat mencoba dan terima kasih

Leave a Comment