Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

Tidak sedikit jumlah orang yang ingin tahu cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka. Umumnya, gangguan ini cukup sering terjadi terutama pada pengguna ponsel android. Tentu saja dengan adanya masalah demikian, update serta manajemen aplikasi di hp menjadi sulit.

untuk itu pada artikel kali ini tim HARAU sudah merangkum Bagaimana Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka Di Android. hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal sepertiĀ  perangkat yang bermasalah ataupun software yang error. untuk lebih detailnya mari ketahui penyebab dan cara mengatasinya dalam ulasan berikut ini:

Penyebab Google Play Store Tidak Dapat Dibuka

Setiap gangguan pada ponsel android pasti ada penyebabnya. Untuk mengetahui bagaimana mengatasi google Play Store tidak bisa dibuka, pembaca sebaiknya mengetahui sebabnya dahulu. Di bawah ini ialah beberapa hal sebab Google Play Store tidak dapat terbuka:

  • Kapasitas RAM penuh. Penyebab yang paling sering dijumpai ialah penuhnya kapasitas RAM pada ponsel android. Kapasitas yang penuh membuat hp tidak dapat menjalankan aplikasi lainnya termasuk Google Play Store.
  • Tumpukan cache. File cache yang menumpuk akan menyebabkan ponsel android kesulitan untuk menjalankan aplikasi lain, termasuk Google Play Store. Tumpukan cache akan mengganggu performa RAM dan mengakibatkan hp tidak bisa mengakses aplikasi.
  • Pengaturan zona waktu tidak sesuai. Beberapa aplikasi bekerja dengan menyesuaikan lokasi serta zona waktu perangkat penggunanya. Tidak terkecuali dengan Google Play Store. Pastikan pengguna mengatur zona waktu yang sesuai di perangkat.
  • Koneksi jaringan internet lemah. Bukan hanya Google Play Store saja, beberapa aplikasi lain juga akan kesulitan berjalan atau dioperasikan jika tidak terdapat koneksi internet yang cukup kuat.
  • File aplikasi yang terhapus. Setiap aplikasi memiliki file penyimpanan yang tersimpan di perangkat. Apabila ada bagian dari file ini yang terhapus maka aplikasi tidak dapat dijalankan.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

Cukup jelas bukan ulasan di atas? Sebab kerap terjadi, pembaca tidak perlu khawatir akan masalah ini. Ini merupakan hal wajar yang banyak dialami pengguna ponsel android. Langkah-langkah dari cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka ialah sebagai berikut:

1. Atasi Tumpukan Cache

Mulai atasi dengan menghapus file cache atau file sampah. File ini bisa berupa riwayat pencarian, data salinan aplikasi, dan data sampah yang berada di penyimpanan hp. Untuk memastikan file cache terhapus dengan optimal, pembaca bisa menggunakan aplikasi cleaner. Pembaca cukup memilih opsi Bersihkan maka ponsel android akan dibersihkan dari file cache.

2. Reset Koneksi Internet

Berikutnya, periksa jaringan internet. Jika pengguna lain di lokasi yang sama juga kesulitan dengan koneksi internet, ini tandanya jaringan internet di lokasi tersebut memang bermasalah. Namun, jika hanya ponsel pembaca saja yang kehilangan jaringan internet, ini bisa diatasi dengan memulai kembali koneksi internet atau mengganti provider.

3. Bersihkan Penyimpanan dan RAM

RAM yang berat akan menyulitkan Play Store untuk dijalankan. Gunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan RAM. Jika tidak memiliki aplikasi cleaner, pembaca cukup melakukan uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan. Pastikan juga untuk menghapus cache dari aplikasi-aplikasi di ponsel android pembaca.

4. Periksa Zona Waktu

Pergi ke menu pengaturan dan periksa pengaturan zona waktu. Atur pengaturan tanggal dan waktu sesuai dengan lokasi pembaca. Ini juga berlaku untuk mengatasi permasalahan aplikasi lainnya selain Google Play Store. Dengan mengatur kembali tanggal dan waktu, aplikasi dapat dioperasikan kembali. Beberapa aplikasi memang memiliki setting default berbeda-beda menyesuaikan dengan lokasi.

5. Lakukan Restart

Terakhir, lakukan restart hp. Sebenarnya melakukan restart bisa saja dilakukan dengan menekan dan menahan tombol daya lalu menyalakannya kembali. Namun, sebaiknya pembaca melakukan reboot saja agar sistem benar-benar memulai kembali.

Matikan hp seperti biasa. Setelah ponsel mati, nyalakan kembali dengan menekan tombol daya sekaligus home atau tombol volume up & down. Dengan demikian pembaca akan masuk ke menu boot. Pilih reboot system dan biarkan sistem ponsel android memulai kembali.

Trik Lainnya:

Akhir Kata

Itulah penyebab serta cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka. Pastikan untuk selalu memeriksa dan membersihkan penyimpanan ponsel android secara berkala untuk mencegah masalah ini terjadi.

kunjungi terus website HARAU.id untuk informasi seputar tekno dan game terbaru setiap harinya. selamat mencoba dan semoga berhasil.

2 thoughts on “Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka”

Leave a Comment