Cara mengatasi HP OPPO Lemot

Khusus untuk pengguna Smartphone OPPO mungkin artikel ini bisa menjadi kabar baik untukmu. Selain pengguna smartphone OPPO yang cukup banyak, sama hal nya dengan ponsel android lainnya HP Oppo juga memiliki problem yang sama ketika sudah lama digunakan. Beberapa Problem yang sering kali dikeluhan pengguna HP Oppo salah satunya adalah HP yg lemot atau bahkan seringkali Hang. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips bagaimana Cara Mengatasi HP OPPO Lemot dan apa saja penyebab hp oppo lemot. Tips ini juga sangat mungkin diaplikasikan oleh pengguna smartphone merk lain.

Ada banyak hal yang menyebabkan ponsel menjadi lemot baik itu dari segi hardware ataupun software yang memang terdapat Bug atau Error. Nah sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengatasi HP oppo yang lemot dan cara menghindarinya ada baiknya juga kita bahas kenapa HP android bisa menjadi lemot. Berikut ranguman singkat dan beberapa poinnya:

  1. OS Android yang tidak update

Selain software atau aplikasi yang harus diupdate berkala, Operating system dari ponsel Android juga harus terus diupdate sesuai dengan spek smartphone baik itu UI dari Oppo itu sendiri seperti ColorOS atau bahkan update Versi OS Android. Maka takheran ketikversi OS di HP androidmu tidak kompatible maka biasanya aplikasi yang berjalan seringkali crash atau force close dan hal ini yang menyebabkan hpmu juga lemot.

  1. Ruang penyimpanan yang penuh

Salah satu hal yang paling sering terjadi dan menjadi penyebab utama dari lemotnya hp android adalah ruang penyimpanan yang sudah penuh dan kehabisan ruang kosong. Untuk itu sering sering periksa dan bersihkan file tidak penting dari smartphonemu agar ruang penyimpanan masih tersedia.

  1. Menginstall terlalu banyak Aplikasi

Menginstall banyak aplikasi juga menjadi salah satu penyebab hp lemot terlebih jika aplikasi yang kamu gunakan berukuran besar dan tidak terlalu penting seperti Game yang berukuran besar hingga menghabiskan ruang penyimpanan. Ada baiknya kamu install saja aplikasi yang penting dan sering digunakan.

  1. Spek Hardware Hp kurang mumpuni

Selain dari segi software tentu saja faktor Hardware atau spek bawaan Hp juga menjadi penyebab HP menjadi lemot. Diinstal banyak aplikasi berukuran besar tentu membutuhkan kinerja Ram dan prosesor HP yang oke tentu saja akan memompa hardware dan menyebabkan panas berlebih, hal ini juga yang menyebabkan hp menjadi lemot. Selain itu Hardware HP menjadi salah satu hal yang sulit diakali. Salah satunya adalah dengan sering sering memindahkan file agar ruang penyimpanan tak menjadi penuh.

Sebenarnya masih banyak hal yang menyebabkan HP oppo menjadi lemot atau lambat dan sering Hang. Nah dari pada kamu penasaran lebih baik kita langsung saja bahas bagaiamana mengatasi HP oppo lemot dengan tips dan triksederhana dari tim HARAU.ID dijamin hp oppo milikmu tidak lemot dan bisa lancar jaya lagi.

Tips Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot tanpa aplikasi

Kami kutip dan rangkum tips dan trik berikut ini dari website resmi OPPO jadi solusi yang kita terangkan dibawah ini merupakan rekomendasi resmi dari pabrikan.

  1. Hapus dan Reinstall Aplikasi

Satu hal simple yang bisa langsung kalian aplikasikan yakni dengan menghapus kemudian menginstall lagi aplikasi yang ada pada HP oppomu. Hal ini menjadikan aplikasi yang biasanya menyebabkan lemot dan berisi banyak file cache dan temporary terhapus sehingga ketika diinstall kembali maka aplikasi tersebut akan berjalan lancar.

  1. Tutup Aplikasi Latar Belakang yang Tidak Terpakai

Close aplikasi yang sudah digunakan aagar kinerja RAM berkurang,tahukan kamu bahwa aplikasi yang kita gunakan sekalipun kamu beralih ke aplikasi lain sebenarnya aplikasi tersebut masih berjalan dibalik layar. Dengan menutup aplikasi yang berjalan dibalik layar maka kinerja RAM lebih ringan. Alhasil Hpmu tidak lagi lemot.

  1. Hapus Cache dan Lakukan Pemindaian Keamanan

Cache atau temporary files menjadi salah satu file sampah yang seringkali memenuhi ruang penyimpanan terlebih untuk kamu yang jarang sekali melakukan pembersihan atau restrart HP. Bersihkan file sampah atau cache yang tersisa pada Hpmu. Bila perlu install aplikasi Khusus pembersih seperti Ccleaner dll untuk membersihkan cache dan file tidak terpakai pada HP OPPOmu.

Berikut rekomendasi untuk melapangkan ruang memori:

Silahkan hapus Foto, Musik, Pesan, Video atau file lain yang sudah tidak diperlukan lagi.

Masuk ke [Manajer Telepon] > [Ke Pengoptimalan] untuk optimasi. Anda juga bisa memilih [Optimal Sekali Sentuh] [Optimalkan] untuk membersihkan Data Memori dan cache untuk lebih banyak mengosongkan ruang penyimpanan ponsel Anda.

Untuk ColorOS 3.0: [Pusat Keamanan] > [Pindai Cepat] > [Pengoptimalan Satu Sentuhan]

Masuk ke [Manajer Telepon] > [Bersihkan Memori] > [Semua Data Cache Aplikasi] / [Semua Data Aplikasi] dan pilih data yang tidak dibutuhkan lagi, lalu pilih Hapus untuk membersihkan Data Memori dan cache untuk lebih banyak mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel Anda.

Untuk ColorOS 3.1 dan 3.2: [Manajer Telepon] > [Bersihkan & Percepat] > [Bersihkan]

Untuk ColorOS 3.0: [Pusat Keamanan] > [Bersihkan & Percepat] > [Bersihkan]

Di bagian bawah [Pusat Keamanan] atau [Manajer Ponsel], pilih [Pemindaian Virus] / [Pindai Virus] untuk memeriksa apakah ponsel Anda tidak terserang virus, plug-in atau program berbahaya.

  1. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber tidak jelas

Jangan sering sering mengginstall aplikasi dari sumber tidak jelas seperti aplikasi MOD ataupun APK yang beredar diluar Playstore. Selain aplikasi tersbut tidak resmi tentu saja aplikasi tersebut beresiko membawa virus dan malware.

  1. Kurangi Penggunaan Widget

Kurangi atau bahkan hndari penggunaan widget seperti termometer dan hal hal kecil lainnya yang jika diaktifkan semua fiturnya maka tentu saja kinerja Memory Ram akan penuh dan HP menjadi lemot.

  1. Perbarui ColorOS

Masuk ke [Pengaturan] > [Pembaruan Perangkat Lunak] untuk mendeteksi dan memperbarui ponsel anda ke perangkat lunak versi terbaru saat diminta. Hal ini akan menguntungkan ponsel Anda dari:

  • Meningkatkan stabilitas sistem
  • Mengoptimalkan kinerja sistem
  • Memperbaiki bug yang diketahui
  • Memperpanjang masa pakai baterai
  • Mengembangkan kompatibilitas dengan aplikasi pihak ketiga lainnya

Untuk ColorOS 3.0: [Setelan] > [Pembaruan Sistem]

  1. Lakukan Restart Ponsel Anda Secara Berkala

Restart ponsel OPPO Anda secara rutin, untuk dapat membersihkan cache dan mencegah bug pada aplikasi. Semuanya ditujukan untuk pengalaman penggunaan ponsel yang lebih nyaman.

Anda disarankan untuk me-restart ponsel Anda sehari sekali untuk memastikan kinerjanya tetap berjalan lancar.

Nah itulah beberapa tips untuk kamu yang ingin smartphone Oppomu kembali lancar dan cepat seperti awal penggunaan. Selain karena faktor penggunaan dan umur perangkat android tentu saja aktivitas dan kebiasaan dari pengguna menjadi salah satu faktor yang menyebabkan HP Oppo menjadi lemot.

Tips diatas bisa juga kamu aplikasikan pada smartphone Android merk lain karena sebernarnya tak begitu berbeda.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Bagaimana Cara mengatasi HP OPPO Lemot yang bisa langsung kamu kerjakan. Semoga dengan artikel ini bisa membantu kamu mengatasi problem HP yang lemot.

Jangan lupa untuk membagikan konten ini pada sosial media milikmu. Kunjungi terus HARAU.ID untuk update berita terbaru seputar tekno dan game setiap harinya. Selamat mencoba dan terima kasih.

Leave a Comment