CARA MEMBUAT BOT TELEGRAM TERBARU 2021

Dulu beberapa tahun lalu mungkin kita sempat menggunakan telpon genggam yang belum secanggih sekarang, jika jaman dulu kita memerlukan pulsa untuk menelpon dan mengirim pulsa. Tapi kini berbeda semenjak sejak adanya Smartphone berbasis Android dan Ios,mengirim pesan dan telpon cukup menggunakan aplikasi jejaring sosial saja.

Menurut Teach-ICT, aplikasi pesan instan ini bisa memudahkan kita sebagai pengguna dalam berbagi informasi secara gratis tentunya dengan orang yang sama-sama memiliki menggunakan Smartphone ataupun Ponsel android dan Ios. Gak cumin itu, lewat aplikasi pesan instan memudahkan kita untuk tetap terhubung secara real-time dengan teman dan orang terdekat yang terhubung.

Kali ini kita akan membahas tentang Aplikasi yang dilahirkan pada 2013 yaitu Telegram. Untuk menjawab rasa penasaran kalian berikut kita ulas:

BOT TELEGRAM

Mengenai keamanan data Telegram sendiri telah memiliki standar keamanan internasional, sehingga membuat pesan yang telah terkirim hanya bisa diakses oleh kita sebagai penggunanya.

Telegram Memberikan berbagai fitur, salah satunya fitur Bot yang jarang dimiliki oleh aplikasi chat pada umumnya. Bagi kalian yang belum tahu tentang fitur Bot Telegram, fitur ini bisa dibilang pengguna fiktif atau non-manusia yang terdiri dari garis kode, bisa mengerjakan tindakan secara otomatis dan menerima perintah dalam bentuk permintaan HTTP.

Nah terus apakah kita bisa membuat Bot Telegram sendiri? Tentunya bisa dong! Caranya juga sangat mudah kita akan memberitahu kalian tentang tutorial membuat Bot Telegram. Berikut langkahnya:

Cara membuat bot Telegram yang Mudah Diikuti

  1. Buat Chanel Bot Telegram
  1. Buka menu “Hamburger” di sudut kiri atas aplikasi Telegram kalian
  2. Pilih Saluran Baru/Channel (Saluran ini berikon siaran).
  3. Masukkan nama Saluran kalian dan deskripsi Saluran yang sesuai opsional.
  4. Kalian atur kegunaan untuk publik atau pribadi, sesuai dengan kegunaannya

Pada saat diatur menjadi saluran publik, pengguna masih dapat menemukannya menggunakan kotak pencarian mereka. Namun jika diatur menjadi saluran pribadi, pengguna membutuhkan tautan invitation untuk bergabung.

2. Menggunakan BotFather

BotFather merupakan satu-satunya cara membuat bot Telegram tanpa coding . Caranya sebagai berikut:

  1. Buka BotFather. Ketikkan Botfather di kotak pencarian Telegram kalian.Lalu  klik untuk membuka bot.
  2. Ketik lagi perintah / newbot untuk membuat bot baru. Pilih nama untuk bot baru kalian.
  3. Lalu Pilih nama pengguna untuk bot baru kalian. Nama pengguna ini bisa panjang antara 5-32 karakter. Dalam aturannya, nama pengguna harus diakhiri dengan sufiks –bot yaitu caraqufanbot .
  4. Jika sudah selesai, kalian akan menerima token API HTTP. yaitu contohnya  435074775: AAHRQTtAOhQ1POBw9L98ru6Giek0qafTvME.
  5. Ingat baik-baik token ini dan simpan dengan aman. Karena bot ini bersifat privasi/pribadi.

PENUTUP

Demikianlah ulasan yang bisa kami sampaikan dalam pembahasan mengenai bagaiamana cara membuat bot Telegram dengan mudah. Semoga informasi ini berguna untuk semua. Terimakasih

Leave a Comment